Rabu, 18 Januari 2012

Bahan pelembut atau emulsifier


Dalam pembuatan kue atau cake sering digunakan bahan pelembut atau emulsifier yang berfungsi untuk membuat adonan lebih lembut sehingga cake yang dihasilkan lebih lembut. Berikut beberapa bahan yang biasanya digunakan sebagai bahan pelembut dalam pembuatan cake:
1.   Ovalet
Ovalet adalah cake emulsifier atau penstabil adonan agar cake yang dihasilkan homogen atau tidak mudah turun saat dikocok. Ovalet memudahkan adonan tercampur dengan baik.
Ovalet tersusun atas mono  dan digliserida. Bahan ovalet juga biasanya menggunakan asam lemak dari hewan atau tumbuhan. Biasanyanya digunakan sebagai bahan pengemulsi pada adonan cake dan bolu. Bentuknya pasta berwarna kuning.
Contoh ovalet yang dijual dipasaran Ovalet cap Koepoe-Koepoe dan Vivid SP cake emulsifier.
2.    TBM
TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM adalah merek dagang sama seperti Ovalet, komposisi kimia bahan ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida.  Biasanya ditambahkan saat pengocokan adonan telur. Bentuknya pasta seperti ovalet. Merek TBM yang terkenal adalah TBM cap Koepoe-Koepoe.
3.    SP
SP memiliki sifat tidak jauh berbeda dari TBM atau Ovalet. SP Sifatnya melembutkan tekstur cake dan membuat adonan lebih menyatu,tidak mudah turun saat dikocok. Kandungan SP adalah Ryoto ester (gula ester). Esternya adalah asam lemak seperti asam stearat, palmitat, dan oleic. Bentuknya pasta seperti ovalet.Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan
cake, karena hasil pengocokkan adonan bisa lebih stabil, sehingga hasilnya lebih maksimal.
Contoh SP : SP cap Koepoe-Koepoe, SP Baker Cream, SP-Nova atau
Sponge-28.
4.    VX
Bahan tambahan makanan yang sifatnya melembutkan ini tidak mengembangkan. VX memiliki Komposisi sodium bicarbonat, sodium acid picorofosfat, dan sari pati jagung. VX biasanya digunakan untuk mengembangkan adonan cake dan melembutkan secara maksimal.
VX seringkali ditambahkan dalam proses pembuatan cake. Tujuannya agar cake lebih mengembang. Kandungan kimia VX adalah  sodium bicarbonat (NaHCO3), sodium acid picorofosfat, dan bahan pengisi seperti pati jagung. Bentuk VX adalah serbuk putih.

Keywords.
·         Bahan pelembut
·         Emulsifier
·         Ovalet
·         TBM
·         SP
·         VX
·         Cake emulsifier
·         Manfaat Ovalet
·         Kegunaan SP
·         Komposisi Ovalet
·         Komposisi SP
·         Asam lemak
·         Asam stearat
·         Asam Palmitat
·         Digliserida
·         Proses pembuatan cake
·         Tekstur cake

Tidak ada komentar:

Posting Komentar