Senin, 09 Januari 2012

Apa itu Baking Powder?


         Baking powder merupakan bahan pengembang (leavening agent), yang terdiri dari campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Sifat zat ini jika bertemu dengan cairan/air dan terkena panas akan membentuk karbondioksida. Karbondioksida inilah yang membuat adonan jadi mengembang. Baking powder juga berisi inert seperti pati. Bahan berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik.
        Baking powder  biasanya digunakan sebagai pengembang (leavening agent) cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake dan pancanke. Baking Powder mengandung bahan bersifat penetral, biasanya dipakai pada bahan2 yang resep2 adonannya sudah bersifat netral contoh susu. Baking powder menghasilkan rasa yang netral dan tekstur yang berpori kecil tapi cenderung beremah. Untuk cake cukup gunakan baking powder aja.
        Di pasaran dijual single acting baking powder dan double acting baking powder. Double acting baking powder memiliki efek mengembangkan lebih kuat dibandingkan dengan single acting baking powder. Efek pengembangan double acting baking powder ini bekerja saat adonan dibuat dan saat dipanggang. dikukus atau digoreng. Gunakan jenis baking powder ini jika anda membuat kue dalam jumlah banyak agar kue yang terakhir dipanggang tetap dapat mengembang dengan sempurna.  Bentuknya bubuk berwarna putih. Merek dagang untuk baking powder double acting adalah Suparize, Hercules dan U-88, sedangkan untuk baking powder single acting merek dagangnya Royal, Hain, Davis, hercules,  U-88, Suparize, Pesawat Angkasa, dan Koepoe-Koepoe.



Keywords :
·         Bahan pengembang,
·          Baking powder
·          Merk baking powder
·          Sifat dari Baking powder,
·         Bolu kukus,
·         Double acting baking powder
·         Single acting baking powder
·          Manfaat baking powder
·         Efek double acting powder
·         Pengaruh single acting powder
·         karbondioksida
·         leavening agent
·         Cup cake

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar